Senin, 22 Juli 2024

Resmi Dilantik, Raja Makayasa Harahap Jabat Direktur LKBH AMPI Kota Medan

Pelantikan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) DPD AMPI Kota Medan masa bakti 2022 – 2027 hadirkan dialog publik guna memberi pandangan hukum terhadap masyarakat.

Pelantikan tersebut berlangsung di Medan Club Jalan RA Kartini No 36 Madras Hulu, Kota Medan, dengan mengusung Tema Peran Pemuda Dalam Memperluas Akses Keadilan Bagi Masyarakat Melalui Advokasi Hukum, Sabtu (22/10/2022) sore.

Direktur LKBH AMPI Kota Medan, Raja Makayasa Harahap didampingi Sekretarisnya, Judika Atma Manik akan memberikan edukasi hukum kepada anggota AMPI agar tidak tersangkut masalah hukum dalam menjalankan organisasi di tengah-tengah masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada ketua DPD AMPI Kota Medan telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mengembangkan LKBH ini dan berguna bagi masyarakat luas dalam bantuan hukum”, katanya.

“Edukasi dan pandangan hukum kepada kader-kader AMPI sangat dibutuhkan, karena kita tiap hari berhadapan terus dengan hukum. Jika dalam aktivitas keseharian kita terapkan hukum dengan baik maka kekondusifan pun terjaga. Dalam hal ini, memprioritaskan pendidikan hukum yang baik kepada seluruh kader khususnya dan masyarakat umumnya”, kata Raja Makayasa.

Raja juga mengajak kepada masyarakat luas jika membutuhkan bantuan hukum untuk segera datang ke kantor Sekretariat DPD AMPI Kota Medan di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, ujarnya.

Ketua DPD AMPI Kota Medan M Rizki Nugraha SE dalam sambutannya mengajak kepada pengurus yang baru dilantik untuk bersama-sama membesarkan organisasi kita ini di tengah-tengah masyarakat.

“Pelantikan ini adalah momentum yang terbaik bahwa kita harus melek terhadap hukum. Organisasi pada tingkat di kecamatan ini sangat sensitif, bahwa kalianlah garda terdepan mengibarkan bendera AMPI sampai di tingkat kelurahan hingga organisasi ini besar”, ungkapnya.

Lanjutnya. “Terimakasih juga saya sampaikan kepada bung Raja Makayasa Harahap, beliau ini udah lama melintang dalam hukum, jadi tidak perlu diragukan lagi. Kepada pengurus baru, saya mengajak untuk dapat mengembangkan organisasi ini”, ajaknya.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada pemerintah yang telah memperhatikan organisasi-organisasi di kota Medan dengan menandatangani pakta integritas guna menjaga kekondusifan keamanan di Kota Medan yang menjadikan Medan berkah.

Sementara itu Mewakili forkopimda Kota Medan diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Medan AKBP Drs Efendi Sinaga mengatakan, “Pelantikan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum dapat bermanfaat kepada masyarakat dan tetap berkarbonasi terhadap kepolisian dan tetap semangat kepada pengurus yang baru”, singkatnya.

Tiga pemateri yang dihadirkan dalam pelantikan LKBH Medan yaitu: Ketua DPC PERADI Medan Dr Azwir Agus SH MH dengan Materi Peran Advokat Dalam Sistem Peradilan Pidana, Dr Rizkan Zulyadi SH MH selaku ketua DPD MAHUPIKI Sumut dengan materi yang diberikan Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi, dan Dr M Citra Ramadhan SH MH sebagai Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPD Ampi Kota Medan dengan materi Optimalisasi Advokasi Hukum Bagi Masyarakat.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Kapolrestabes Medan diwakili oleh Kasat Binmas Polrestabes Medan AKBP Drs Efendi Sinaga dan Kasat Intel Polrestabes Medan AKBP Ahyan SSos MM, perwakilan AMPI DPD Provinsi Sumatera Utara serta jajaran PAC dan Rayon Ampi yang ada di Kota Medan. (Ril/Red)