Sabtu, 20 Juli 2024

Satgas Pamtas RI-PNG berikan materi Bela Negara kepada Anggota Pramuka di Perbatasan Papua

Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Bidang Kepramukaan bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka Merauke menggelar kemah kebangsaan.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Letkol nf Goklas P. Silaban menjelaskan dalam rilisnya pada Minggu, 26/06/2022 mengatakan Kemah tersebut berlangsung di tapal batas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama 4 hari 3 malam yakni sejak 23 s.d 26 Juni 2022.

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan Upacara Pembukaan Perkemahan dilaksanakan di Perbatasan Negara tepatnya di titik Nol (0)KM Merauke Sabang, Distrik Sota Kab. Merauke.

Sementara itu, Wadansatgas Kapten Inf Anotona Zebua yang hadir mewakili Dansatgas menjelaskan bahwa Satgas Pamtas Yonif 123/RW Pos Kout (Komando utama) ikut berpasitipasi dan mendukung kegiatan kemah kebangsaan ini dari awal hingga selesai.

“Kita sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Kemah Kebangsaan yang diadakan Dispora Kab. Merauke dan kita juga memberikan Materi tentang Bela Negara yang di ikuti 200 peserta yang berasal dari Pelajar SMA/SMK/MA Kota Merauke dan Distrik Sekitarnya”. Jelas Wadansatgas.

Peserta Kemah sangat antusias mengikuti Materi Bela Negara yang disampaikan oleh Wadansatgas tersebut.

Dilain tempat Ketua Panitia Kemah Kebangsaan Kabupaten Merauke, Muhammad Icksan mengatakan “Tujuan kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan dan rasa cinta anak muda tingkat SMA/SMK/MA terhadap bangsanya.

Dirinya juga mengucapkan Terima Kasih kepada Satgas Yonif 123/RW yang telah mendukung dan menjadi Narasumber pada kegiatan Perkemahan ini.

“Saya berterima kasih Kepada Satgas Yonif 123/RW dan saya berharap peserta dapat mencerna seluruh materi sehingga kedepan mereka lebih mengenal dan membela bangsanya”. Harap Icksan.

Dimalam minggu dilaksanakan api unggun yang agak sedikit berbeda. Karena dilaksanakannya kirab obor kebangsaan yang dimulai dari tugu kembar Merauke. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menanamkan jiwa semangat berbangsa dan bernegara bagi seluruh peserta maupun Pendukung kegiatan Perkemahan.